Kecamatan Jabon Sidoarjo Diserbu Banjir Rob

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 06 Dec 2017 19:51 WIB
banjirbencana banjir
Kecamatan Jabon Sidoarjo Diserbu Banjir Rob
Puluhan rumah di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, dilanda banjir rob. Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Puluhan rumah di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, dilanda banjir rob. Banjir setinggi 60-70 centimeter tersebut disebabkan air laut pasang (Rob).

Salah satu warga setempat, Mustofa mengungkapkan banjir mulai menggenangi perumahan warga sejak Selasa, 5 Desember 2017, malam. Rob itu tiba-tiba menyerbu kawasan tersebut dan mulai masuk ke perumahan warga.

"Sampai saat ini genanan banjir masih tinggi," ujar Mustofa, Rabu, 6 Desember 2017.

Meski air sempat menggenangi rumah, warga memilih tidak mengungsi. Dia memperkirakan banjir rob susulan kembali bakal terjadi hingga nanti malam.

"Sepertinya nanti malam air laut akan terjadi pasang lagi. Dan pastinya semakin meninggi," ujarnya.

Tokoh muda Komunitas Seduluran Jabon Ali Mursyid mengatakan, hingga saat ini ada sekitar tiga dusun yang terdampak, yakni Dusun Kalialo, Dusun Tanjungsari, dan Dusun Tegalsari di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Ali menyebut ini bukan kali pertama Desa Kupang direndam air pasang. "Banjir ini rutin setiap tahunnya. Saya minta ada perhatian khusus dari Pemerintah Sidoarjo," kata Ali.

Banyak warga yang menjadi buruh tambak tak bisa menyelamatkan barang-barangnya. Sebab, air sudah masuk dalam rumahnya.  

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengaku belum mengetahui banjir rob yang menyerbu di Jabon, Sidoarjo. Pihaknya berencana melakukan pengecekan di kawasan tersebut. Sehingga persoalan banjir cepat tertangani.

"Saya belum mendapat laporan soal itu. Nanti biar saya check kesana. Agar segera ditangani," singkatnya


(SUR)