Teatrikal Prosesi Arya Wiraraja Meriahkan HUT ke-748 Sumenep

Rahmatullah    •    Minggu, 29 Oct 2017 17:04 WIB
seni dan budaya
Teatrikal Prosesi Arya Wiraraja Meriahkan HUT ke-748 Sumenep
Tari Topeng saat teatrikal prosesi Arya Wiraraja di Sumenep, Madura, Jawa Timur -- MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar teatrikal prosesi Arya Wiraraja pada hari jadinya ke-748. Teatrikal ini menceritakan penngangkatan Arya Wiraraja menjadi adipati pertama Kabupaten Sumenep pada 31 Oktober 1269.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menjelaskan, pada 1269 Sumenep berdiri dengan bentuk kerajaan. Baru pada 1929 berubah menjadi kabupaten.

Menurut Busyro, prosesi Arya Wiraraja sudah menjadi kegiatan tahunan. "Dari tahun ke tahun, yang ditampilkan terus berkembang. Bahkan, tahun depan diagendakan ada seribu penari Muang Sangkal," kata dia usai prosesi Arya Wiraraja di  depan Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jalan Trunojoyo, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu 29 Oktober 2017.

Tahun ini, Tari Topeng yang ditampilkan secara kolosal mampu menarik perhatian. Atraksi ini diharapkan mampu menggaet wisatawan.

"Ini sekaligus untuk menunjukkan Sumenep sebagai ikon wisata, terlebih untuk menyongsong `Visit Indonesia 2018`" lanjut Busyro.


Ratusan penari terlibat dalam teatrikal prosesi Arya Wiraraja di Sumenep, Madura, Jawa Timur -- MTVN/Rahmatullah

Sementara itu, Indah, warga Sumenep, mengaku terhibur dengan pawai budaya yang digelar Pemkab Sumenep. Ia pun jadi tahu tentang sepenggal sejarah Sumenep.

"Semoga Sumenep ke depan semakin bagus," harapnya.


(NIN)