Khofifah: Sulistina Sutomo Sosok Ibu Bangsa

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 31 Aug 2016 18:51 WIB
obituari
Khofifah: Sulistina Sutomo Sosok Ibu Bangsa
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat bertemu keluarga Bung Tomo di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: MTVN/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menilai Sulistina Sutomo, istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, sosok ibu bangsa yang patut diteladani. Hal itu ia sampaikan saat menunggu kedatangan jenazah Sulistina Sutomo di Bandara Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 31 Agustus. 

"Beliau (Sulistina Sutomo) sosok ibu bangsa. Keteladanannya patut menjadi referensi bagi kita semua, terutama ibu-ibu," kata Khofifah saat ditemui Metrotvnews.com di ruang VVIP Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

Sulistina Sutomo meninggal dunia pada Rabu 31 Agustus, pukul 01.42 WIB. Ia meninggal dalam usia 91 tahun. Khofifah menyempatkan diri bertemu dengan keluarga Bung Tomo untuk menyampaikan belasungkawa.

"Terakhir, saya bertemu almarhum pada November lalu. Karena setiap peringatan Hari Pahlawan, saya datangi satu per satu keluarganya," ujar dia.

Dia mengaku sempat bertemu almarhumah Sulistina Sutomo beberapa waktu lalu. saat itu ia mendapat sebuah buku dan puisi karya Bung Tomo. Bahkan, Mensos mengaku membacakan puisi Bung Tomo di acara tersebut.

Khofifah menyampaikan, saat ini dia akan rapat persiapan peringatan Hari Pahlawan yang akan digelar pada 10 Nevember mendatang. Kemensos mengundang Bambang Sulistomo yak tak lain putra Bung Tomo. 

"Namun, hari ini kami mendapatkan kabar duka. Maka untuk sementara menunda kegiatan itu," kata dia. 

Di akhir pertemuannya, beliau menyampaikan salah satu amanah almarhum yang disampaikan kepada putranya. Yakni warga negara Indonesia jangan mengkhianati perjuangan 1945. 

"Maknanya sangat dalam. Makanya ini tugas kita untuk terus mengisi kemerdekaan," pungkas dia.


(TTD)