Sikap AHY soal Nyalon di Pilpres 2019

Kusbandono    •    Jumat, 06 Apr 2018 14:42 WIB
pilpres 2019
Sikap AHY soal <i>Nyalon</i> di Pilpres 2019
Komandan Satuan Bersama (Kogasma) Partai Demokrat untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan. Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Jember: Agus Harimurti Yudhoyono belum berani memastikan akan maju dalam Pilpres 2019. Walaupun, namanya muncul sebagai salah satu kandidat kuda hitam di sejumlah survei.

Putra Sulung Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono hanya dapat berterima kasih ke yang memberikan dukungan. Dia pun meyakini dorongan untuk maju di Pilpres 2019 tak hanya sekedar dari kader.

"Ini merupakan harapan rakyat agar muncul Calon Presiden alternatif, yang tentu saja bukan hanya Kader Partai Demokrat." Kata AHY saat berkunjung ke Ponpes Al Qodiri Jember, Kamis, 5 April 2018.

Komandan satuan tugas bersama (Kosgama) pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat ini belum mau menanggapi serius hasil survei. Pembicaraan antarpartai untuk Pilpres 2019 masih berlangsung.

"Sebab komunikasi antar Partai Politik masih cair dan terus berjalan, sehingga sangat mungkin terjadi skenario baru." Tambah AHY.

Kehadiran AHY di Kabupaten Jember merupakan rangkaian satu minggu kunjungannya di 17 kabupaten/kota di Jawa Timur. Banyuwangi akan menjadi tujuan terakhirnya, sebelum kemudian kembali ke Jakarta dan melanjutkan safari ke Jawa Tengah.

Sementara 21 Kabupaten Kota lain di Jawa Timur yang belum sempat dikunjungi, akan diagendakan dalam kunjungan berikutnya.

Survei IndoBarometer menunjukkan AHY dan Anies Baswedan memiliki elektabilitas tinggi untuk Calon Wakil Presiden bagi pemilih di Jawa Timur. AHY dan Anies mengalahkan 15 nama lain seperti Gatot Nurmantyo, Ridwan Kamil dan Muhaimin Iskandar.


(SUR)