Wisudawan UKWMS Hasilkan Lima Karya Ilmiah Brilian

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 20 Apr 2018 20:16 WIB
beasiswa osc
Wisudawan UKWMS Hasilkan Lima Karya Ilmiah Brilian
(Foto:Dok.UKWMS)

Jakarta: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya kembali mewisuda mahasiswanya. Beberapa karya ilmiah brilian berhasil dibuat oleh para wisudawan.

Ada lima karya ilmiah yang patut diperhitungkan. Pertama, Decolourization of Hazardous Dyes Using Bentonite TiO2Composite yang dibuat oleh Livy Laysandra, mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Program Studi Teknik Kimia. 

Penelitian tersebut bertujuan untuk mempelajari perbandingan titania dan bentonite dalam pembuatan komposit adsorben. Material tersebut berfungsi untuk menyerap pewarna kationik yang dapat larut dalam air.

"Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komposit terbaik adalah dengan kosentrasi 10 persen, karena memiliki kemampuan absorpsi paling tinggi,” kata Livy dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 April 2018.

Selanjutnya, karya ilmiah brilian yang dihasilkan dalam wisuda UKWMS berjudul Pembuatan Nanokomposit Magnetic Mesoporus Silica FDU-12 Termodifikasi Thiol Sebagai Penyerap Logam Timbal. Karya ilmiah tersebut dibuat oleh Bryan Hubert.

Keunikan penelitian mahasisa Jurusan Teknik Kimia itu yaitu berhasil membuat bahan kimia berupa serbuk ukuran nano yang dinilai efektif menyerap kandungan timbal, logam berat yang dihasilkan oleh industri tambang dan pupuk. Timbal merupakan limah berbahaya yang dihasilkan oleh industri tambang dan pupuk.

"Adanya bahan kimia nanosorben yang dimodifikasi dengan iron oxide dan gugus fungsional thiol akan dapat membantu upaya penanganan terhadap limbah cair industri melalui proses penyerapan yang spesifik terhadap logam timbal dalam jumlah yang optimum dan efisien,” kata Bryan.

Karya ilmiah unik berikutnya yaitu bertajuk Isolasi dan Skrining Fungi Endofit Penghasil Enzim L-Asparaginase dari Rimpang Tanaman Kunyit Putih, karya Robert Daniswara. Mahasiswa Fakultas Farmasi UKWMS ini meneliti manfaat enzim L-Asparaginase yang dapat digunakan dalam kombinasi terapi leukemia. 

Penelitian keempat yang patut diperhitungkan yaitu skripsi yang berjudul Perancangan Sistem Informasi Ketertelusuran Berbasis Web untuk Industri Oleofood, yang disusun oleh Kevin Cornelius. Penelitian ini menghasilkan sebuah website yang mampu melakukan emergency response untuk mengatasi berbagai insiden keamanan pangan.

“Industri oleofood adalah industri yang sudah cukup besar sehingga membutuhkan sebuah sistem informasi. Penelitian ini mengenai sistem pelacakan dan penarikan produk untuk produk pangan cair yang selama ini masih sedikit yang menelitinya,” ujar mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik UKWMS tersebut.

Karya ilmiah inovatif terkahir yang dihasilkan dalam Wisuda UKWMS kali ini yaitu sebuah penelitian perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match melalui media simulasi PhET. Penelitian itu dilakukan oleh mahasiswa jurusan Klara Paulina Novianto mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Fisika itu bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika.

"Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe seperti Make a Match, Teams Games Tournament (TGT), Jigsaw, Student Teams Achievement Division (STAD), dan sebagainya. Lalu yang dimaksud dengan tipe Make a Match itu sesuai namanya jika diterjemahkan menjadi membuat pasangan. Jadi setiap siswa mendapat kartu soal atau jawaban, kemudian mereka diminta untuk menemukan pasangan soal dan jawaban yang sesuai," terang Klara.

Dari hasil observasi yang dilakukan terhadap 26 siswa kelas XI MIPA-2 di SMAK Stella Maris Surabaya, perangkat pembelajaran tipe make a match melalui media simulasi PhET terbukti praktis, dan efektif untuk digunakan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Penelitian pun menunjukkan keaktifan serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan.


(ROS)