PMII Laporkan Enam Calo Beroperasi di Dispendukcapil Kabupaten Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:42 WIB
pungutan liar
PMII Laporkan Enam Calo Beroperasi di Dispendukcapil Kabupaten Malang
Suasana di dean Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, MTVN - Aditya

Metrotvnews.com, Malang: Enam calo beroperasi di Kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Para calo menarik pungutan kepada warga yang hendak mengurusi KTP-elektronik (KTP-elektronik) dan akta lahir.

"Mereka membantu mengurusi KTP-el dan akta. Namun kamu belum memiliki bukti otentik," kata M Jabir, Koordinator Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Al Qolam saat mendatangi Dispendukcapil Kabupaten Malang, Kamis (17/11/2016).

Lantaran itu, Jabir dan kawan-kawan mendatangi Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang. Mereka melaporkan temuan tersebut kepada Dispendukcapil.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi, membantah laporan tersebut. Petugas, kata Purnadi, menertibkan enam orang beberapa waktu lalu di Kantor Dispendukcapil.

"Tapi mereka bukan calo. Mereka pemohon yang menyertakan uang pelicin di dalam map permohonannya," kata Purnadi.

Petugas lantas memberikan edukasi pada keenam orang itu. Purnadi menegaskan proses pengurusan dokumen kependudukan berjalan sesuai prosedur dan gratis.

Selain itu, lanjut Purnadi, Dispendukcapil membentuk tim untuk mengawasi proses permohonan pelayanan dokumen kependudukan. Purnadi mengklaim cara itu untuk menghindari tindakan pungutan liar dan percaloan di kantornya.



(RRN)