Bupati Malang Bakal Diperiksa Polisi Terkait Pungutan Liar

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 01 Nov 2016 15:55 WIB
pungutan liar
Bupati Malang Bakal Diperiksa Polisi Terkait Pungutan Liar
Bupati Malang Rendra Kresna, MTVN - Aditya

Metrotvnews.com, Malang: Bupati Malang Rendra Kresna akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus pungutan liar di Mapolres Malang, Jawa Timur. Kasus tersebut menyeret Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Suwandi sebagai tersangka.

Polisi akan meminta keterangan Bupati Malang seputar tindakan pungli yang dilakukan Suwandi. Bupati Rendra mengatakan jadwal pemeriksaan pada 7 November.

"Kami sudah menyiapkan data dan informasi yang akan dibutuhkan kepolisian saat pemeriksaan," kata Rendra ditemui di Rumah Dinas Pringgitan, Selasa (1/11/2016).

Apakah Bupati Malang tersebut akan menghadiri undangan Polresta tersebut, pihaknya akan melihat dulu jadwal kegiatannya.

Rabu 25 Oktober, Suwandi terjaring operasi tangkap tangan kasus pungli. Pungli terkait dengan tugas Suwandi mengurusi perpindahan pegawai negeri sipil asal Pasuruan ke Kabupaten Malang.

Suwandi meminta uang Rp18 juta secara berangsur kepada PNS berinisial H itu. Angsuran pertama yaitu Rp10 juta. Kemudian H menyetorkan uang Rp5 juta pada Suwandi.

Terakhir, H memberikan uang Rp3 juta. Di penyerahan terakhir itu, Polres melakukan OTT. Setelah OTT, Suwandi pun mendekam di sel Mapolres Malang.


(RRN)