Mudik Lebaran, Ribuan TKI Pulang Melalui Bandara Juanda

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 22 Jun 2017 14:14 WIB
mudik lebaran 2017ramadan 2017
Mudik Lebaran, Ribuan TKI Pulang Melalui Bandara Juanda
Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur tiba di bandara Juanda --MTVN/Hadi--

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur, berbondong-bondong pulang kampung. Tahun ini, pemudik dari luar negeri ditaksir lebih dari 3.000 orang.

"Tahun lalu, masih dibawah tiga ribuan TKI," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, Setiajit, di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamis, 22 Juni 2017.

Menurut Setiajit, ribuan TKI itu bekerja di pelbagai negara, seperti Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi. Mereka sudah merantau paling sedikit tiga tahunan dan rata-rata mendapat jatah libur Lebaran antara dua hingga tiga pekan.

"Setelah bekerja mencari nafkah di negeri orang, mereka memanfaatkan. Libur lebaran untuk mudik agar bisa berkumpul dengan sanak keluarga," jelasnya. 

Hingga Rabu, 21 Juni 2017 malam, jumlah TKI yang pulang melalui Bandara Internasional Juanda sudah mencapai 2.400 an orang. Sedangkan untuk hari ini diperkirakan mencapai 2.500 an orang.

Rasti, 25, TKI asal Tawangsari Kecamatan Lembeyen, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rasti, 25 merasa senang lantaran bisa mudik lebaran. Dia bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Taiwan sejak tiga tahun yang lalu. 

"Liburnya hanya dua pekan. Setelah lebaran, harus kembali," katanya.


(ALB)