Penangkapan Terduga Teroris di Surabaya

Densus 88 Sita Dokumen Perekrutan ISIS di Rumah DY

Amaluddin    •    Sabtu, 09 Dec 2017 18:51 WIB
terorisme
Densus 88 Sita Dokumen Perekrutan ISIS di Rumah DY
Tim Densus 88 Mabes Polri usai menggeladah rumah DY terduga teroris di Jalan Ampel Kembang, Surabaya. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Densus 88 Mabes Polri telah menggeledah kediaman terduga teroris DY alias MM di Jalan Ampel Kembang, Surabaya, Sabtu, 9 Desember 2017. Hasilnya, Tim Densus membawa sejumlah dokumen penting yang dibungkus dalam empat kotak.

Densus 88 Mabes Polri tiba di kediaman DY sekitar pukul 16.40 WIB. Sekitar satu jam pukul 17.30 WIB, Densus 88 akhirnya membawa sejumlah berkas berisi dokumen milik DY. 

"Ada beberapa dokumen penting yang dibawa Tim Densus, dokumen dan berkas penting itu terkait kegiatan DY," kata Kapolres Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ronny Suseno, di Surabaya, 9 Desember 2017.



Saat penggeladahan berlangsung, kata Ronny, istri dan anak-anaknya berada di dalam rumahnya. Istri DY pun terbuka saat Tim Densus 88 hendak melakukan penggeladahan. "Istri yang bersangkutan kooperatif, bahkan istri DY menunjukkan tempat dokumen-dokumen dan berkas DY," katanya.

Menurut Ronny, Tim Densus 88 menemukan berkas penting milik DY. Diantaranya menemukan logo ISIS, dan rencana kegiatan ISIS untuk merekrut anggota baru. "Iya ditemukan logo itu (ISIS, red.), memang ada arah ke sana (merekrut anggota baru untuk ISIS, red.), detailnya nanti masih kita dalami," ujarnya.

Sebelum di Surabaya, Tim Densus 88 juga menangkap seorang terduga teroris di Kota Malang, tepatnya di sebuah rumah Nomor 174 di gang di Jalan Yulius Usman, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen.

Tersangka berinisial Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah. Kiki merupakan kelompok Jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath.


(ALB)