Partai Politik Diminta Utamakan Validitas Data sebelum Daftar ke KPU

Rahmatullah    •    Kamis, 05 Oct 2017 17:21 WIB
pemilu serentak 2019
Partai Politik Diminta Utamakan Validitas Data sebelum Daftar ke KPU
Ilustrasi Pilkada, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Sumenep: Panitia Pangawas Pemilu (Panwaslu) Kapupaten Sumenep, Jawa Timur, mengingatkan parpol calon peserta pemilu 2019 untuk memerhatikan kevalidan data anggotanya. Jika parpol tidak memenuhi minimal syarat anggota karena data invalid, parpol bisa didiskualifikasi sebagai calon peserta pemilu.

“Anggota partai itu kan dibuktikan dengan kartu tanda anggota atau KTA. Nama dan alamatnya harus sama dengan KTP elektronik yang dimiliki,” jelas Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep, Hosnan Hermawan, Kamis 5 Oktober 2017.

Menurut Hosnan, jumlah minimal anggota sebanyak seribu orang. Data di KTA dan KTP-el yang dilapirkan harus sama. Tapi jikapun ditemukan data invalid, semisal ada perbedaan huruf dalam penulisan nama, parpol masih punya waktu perbaikan data melalui sipol setelah pendaftaran ditutup. Jika tidak salah, kata dia, waktu perbaikan selama lima hari.

“Jika selesai masa perbaikan masih ada partai yang tidak memenuhi persyaratan minimal anggota, maka yang bersangkutan tidak berhak ikut kontestasi pemilu mendatang,” tegas Hosnan.

Hosnan mengimbau parpol mendaftar dengan anggota di atas batas minimal persyaratan, atau lebih dari seribu anggota. Itu untuk menjaga-jaga adanya kemungkinan data invalid. 

Selebihnya, Hosnan menyebut partai otomatis juga tidak bisa ikut pemilu jika hingga batas pedaftaran belum menyetor berkas-berkas persyaratan. 

“Panwas punya pengawasan melekat di KPU dalam pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2019,” tandasnya.


(RRN)