81 Narapidana di Sidoarjo Dihadiahi Remisi Natal

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 26 Dec 2017 15:47 WIB
natal dan tahun baru
81 Narapidana di Sidoarjo Dihadiahi Remisi Natal
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Sidoarjo: Sebanyak 81 Narapidana Lapas Klas I Surabaya, Porong, Sidoarjo, mendapat remisi khusus Natal 2017. Mereka berasal dari kalangan narapidana beragama Nasrani yang tersangkut kasus narkoba, kriminal dan pengeroyokan.

Satu orang yang mendapat remisi bebas karena masa tahanannya usai. Narapidana yang mendapat remisi khusus bebas yakni terpidana kasus pengeroyokan asal Timor Leste.

Narapidana yang lain mendapat remisi bervariasi, yakni dua bulan berjumlah 3 orang, satu setengah bulan (3 orang), dan satu bulan (74 orang).

"Jadi, memang jauh-jauh hari sebelumnya kita ajukan ke Dirjen  Kemenkumham kanwil Jatim terkait remisi khusus Natal dan tahun baru," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya Riyanto, Selasa, 26 Desember 2017.

Narapidana yang diajukan untuk mendapat remisi berdasarkan penilaian selama berada dalam lapas. Mereka sudah menunjukkan etika atau perilaku baik dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Baik dari kalangan kasus Narkoba, tindak kriminal umum maupun pengeroyokan itu sendiri.

"Semoga dengan adanya remisi tahun ini bisa merubah perilaku mereka setelah bebas nanti," tandasnya.


(SUR)