NU Jombang: Tak Ada Nahdliyin yang ke Jakarta Ikut 212

Nurul Hidayat    •    Rabu, 30 Nov 2016 11:22 WIB
unjuk rasa
NU Jombang: Tak Ada Nahdliyin yang ke Jakarta Ikut 212
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jombag KH Isrofil Amar. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama menegaskan tidak ada warga nahdliyin Jombang, Jawa Timur yang akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 2 Desember (212). NU melarang warganya berangkat ke Ibu Kota.

"Saya sudah mengajurkan dan menginstruksikan kepada nahdliyin untuk tidak turun dalam aksi 2 Desember di Jakarta," ujar Ketua PCNU Jombang, KH Isrofil Amar usai Apel Nusantara Bersatu di Alun-alun Jombang, Rabu (30/11/2016).

Baca: Kapolresta Solo Titip Pesan pada Peserta Aksi

Ia menambahkan, terkait aksi 212, NU tidak memerintahkan serta tidak mengizinkan nahdliyin berangkat dalam aksi tersebut. Jika ada yang datang, "itu bukan atas nama institusi melainkam atas nama pribadi," imbuh Isrofil.

Hal senada diutarakan Wakil Bupati Jombang Munjidah Wahab. Dia malah menegaskan tidak ada warga Kabupaten Jombang yang akan ikut dalam aksi di Jakarta. "Hingga saat ini, insya Allah tidak ada," katanya.



Isrofil menilai tidak perlu pengerahan masa. Pengerahan masa ke Jakarta, menurutnya, akan lebih berbahaya, karena saat ini sedang santer isu perpecahan atau makar. "Alangkah baiknya jika kita tetap menjaga Kesatuan NKRI," imbuh Isrofil.

Dia meminta semua elemen menghormati proses hukum. Dia juga berharap aparat penegak hukum berlaku adil.

Aksi 212 akan digelar di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat. Kegiatan yang diinisiasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI itu bakal mengadakan doa dan zikir bersama. 


(SAN)