Pembahasan APBD-P Malang Dikebut

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 26 Sep 2018 17:31 WIB
apbdpemerintah daerah
Pembahasan APBD-P Malang Dikebut
Rapat paripurna dengan agenda penyampaian jawaban Wali Kota Malang atas pandangan umum fraksi terhadap Ranperda APBD-P di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu, 26 September 2018. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.

Malang: Pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) Kota Malang, Jawa Timur, tahun anggaran 2018 dikebut dalam minggu ini. Sebab, rancangan peraturan daerah (raperda) perubahan anggaran keuangan (PAK) harus disahkan sebelum 30 September 2018.

Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Abdurachman mengatakan agenda pembahasan APBD-P 2018 memang sedang dikebut untuk menghindari sanksi. Tak main-main, bila penyusunan APBD-P tak sesuai jadwal, bisa-bisa anggota dewan tidak digaji selama enam bulan.

"Agenda kami padat semingguan ini karena kami kejar pembahasan APBD-P meskipun anggota dewan ini masih baru terbentuk. Agar kami tidak kena sanksi," kata Abdurachman saat dikonfirmasi, Rabu, 26 September 2018.

Menurut informasi yang dihimpun, pembahasan PAK pada pekan ini dimulai sejak Selasa 25 September 2018 pukul 10.00 WIB kemarin yakni rapat paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Wali Kota Malang atas Raperda APBD-P Tahun Anggaran 2018. 

Selanjutnya, rapat paripurna lanjutan digelar pukul 19.00 WIB di hari yang sama dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Ranperda APBD-P Kota Malang. 

Kemudian, pada hari ini Rabu 26 September 2018 pukul 11.00 WIB dilaksanakan rapat paripurna dengan agenda penyampaian jawaban Wali Kota Malang atas pandangan umum fraksi terhadap Raperda APBD-P.

Lalu agenda dilanjutkan dengan rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Malang dengan tenaga ahli serta rapat penyelarasan akhir antara Banggar dengan Tim Anggaran Pemkot Malang yang digelar besok Kamis 27 September 2018.

Terakhir, pada Jumat 28 September 2018 digelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat Banggar terhadap Ranperda APBD-P pada pukul 09.00 WIB dan rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap Ranperda APBD-P sekaligus pengesahan pada pukul 19.00 WIB.

Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan jadwal penyusunan dan pengesahan Raperda APBD-P memang dapat dikatakan cukup singkat. Oleh karena itu, legislatif-eksekutif kini tengah berusaha maksimal agar jadwal tersebut tepat waktu.

"Persetujuan bersama antara pemerintah daerah dan DPRD terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2018 ditetapkan paling lambat akhir bulan September 2018," ungkap Sutiaji.


(DEN)