Ekonomi Jatim Terganggu Ambruknya Jembatan Widang

Amaluddin    •    Rabu, 18 Apr 2018 15:24 WIB
jembatan runtuh
Ekonomi Jatim Terganggu Ambruknya Jembatan Widang
: Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang. (ANT/AGUK SUDARMOJO)

Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan ambruknya Jembatan Widang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, bisa berimbas pada perekonomian di Jatim. Sehingga pihaknya bakal membantu pemerintah pusat untuk segera menangani jembatan tersebut.

"Kita tidak ingin jalur distribusi barang terganggu karena itu jelas akan berdampak pada kenaikan harga barang," ujar Soekarwo di Surabaya, Rabu, 18 April 2018. 

Dia menuturkan ambruknya Jembatan Widang menjadi kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Soekarwo bakal meminta Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim untuk memperbaiki jembatan penghubung Kabupaten Tuban dan Lamongan itu. 

"Sementara kita akan berikan besi dan baja di atas jembatan sehingga kendaraan bisa tetap lewat. Kami juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menghindari double account," bebernya.

Soekarwo mengungkap belum mengetahui sebab ambruknya jembatan. Pihaknya masih menunggu hasil analisis Kementerian PUPR. Meskipun, berdasarkan analisis sementara, jembatan ambruk karena beban truk yang berat. 

"Kendaraan tampak berat sekali dan overload. Itu salah satu yang jadi analisisnya, tetapi apa karena itu? Masih belum diputuskan penyebabnya," kata dia.



(LDS)