BPBD Kabupaten Malang Antisipasi Bencana Kekeringan

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 08 Jun 2017 19:11 WIB
kemarau dan kekeringan
BPBD Kabupaten Malang Antisipasi Bencana Kekeringan
Mobil tangki yang disiapkan di Posko BPBD Kabupaten Malang, Jawa Timur -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Sejumlah daerah di Malang, Jawa Timur, sudah lama tak diguyur hujan. Bencana kekeringan mulai mengintai, di antaranya Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Pagak, Bantur, dan KEcamatan Donomulyo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang pun bersiap mengantisipasi terjadinya bencana kekeringan. Beberapa daerah titik rawan kekeringan mulai dipetakan.

"Ada beberapa daerah titik rawan terjadinya bencana kekeringan. Sebagian besar ada di wilayah pesisir pantai Malang selatan yang didominasi tanah kapur," kata Kepala BPBD Kabupaten Malang Iriantoro di Rumah Dinas Peringgitan Bupati Malang, Jalan K.H. Agus Salim, Malang, Jawa Timur, Kamis 8 Juni 2017.

BPBD juga menyiapkan beberapa kendaraan tangki yang sewaktu-waktu bisa diterjunkan ke lokasi bencana kekeringan. "Kami siapkan beberapa tangki dengan kapasitas isi 5.000 liter dan 8.000 liter," terangnya.

Warga desa yang mengalami kesulitan air diminta pro aktif melaporkan ke desa. "Setelah ada laporan ke desa, otomatis desa melapor ke kecamatan. Pihak kecamatan kemudian menurunkan Tim Reaksi Cepat bersama BPBD untuk mendistribusikan air," pungkas Iriantoro.


(NIN)