Persaingan Ketat Masuk SMA Favorit Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 09 Jun 2017 16:47 WIB
pendidikan
Persaingan Ketat Masuk SMA Favorit Malang
Salah satu sekolah favorit di Kota Malang, Jatim. (Metrotvnews.com/Aditya)

Metrotvnews.com, Malang: Mayoritas lulusan SMP bersaing untuk masuk ke SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN Malang, Jawa Timur. Bagi yang punya nilai ujian nasional (NUN) pas-pasan, mending berpikir ulang. Karena, calon siswa yang berpeluang lolos seleksi adalah yang punya NUN rata-rata minimal 350.

Data Dinas Pendidikan Kota Malang menyebut, terdapat 768 siswa yang NUN-nya 350 ke atas. Sedangkan kuota di tiga SMAN tersebut adalah 928 orang. Kuota tersebut belum dikurangi kuota luar kota dan PPDB jalur luring (offline), yaitu 119 orang.

Jika dikurangi dengan jalur-jalur tersebut, kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) daring (online) berkisar 809 siswa. Bila 768 siswa ber-NUN 350 ke atas itu mendaftar di SMA, maka hanya menyisakan 41 kursi untuk siswa bernilai di bawah 350.

Salah satu wali murid, Slamet, memilih mendaftarkan anaknya di dua sekolah. Tujuannya bila tak lolos di satu sekolah, masih punya kemungkinan diterima di sekolah lain.

"Pertama saya daftarkan anak saya di SMAN 1, yang kedua di SMA 10," ujar Slamet kepada Metrotvnews.com, di SMAN 1 Malang, Jalan Tugu Kota Malang, Jumat, 9 Juni 2017.

Sementara itu Suswati optimistis putranya lolos diterima di SMA Tugu. Dia menilai saat ini sedang tren anak sekolah di SMK.

"Pastinya peluang adalah, kan tidak semuanya memilih SMA kan sekarang banyak yang masuk SMK," kata Suswati.

Tahapan PPDB daring di Kota Malang berlangsung mulai 5 Juni-6 Juli. Sementara pengumuman lolos tidaknya pada 7 Juli 2017.


(SAN)