Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Malang Naik 7,47%

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 03 Aug 2017 14:10 WIB
apbd
Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Malang Naik 7,47%
Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: DPRD dan Pemerintah Kabupaten Malang menyepakati Kebijakan Umum Anggaran Perubahan (KUAP) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Kebijakan belanja daerah semester kedua 2017 naik 7,47%, dari semula Rp3,5 triliun menjadi Rp3,8 triliun.

Sedangkan, serapan anggaran untuk penggunaan belanja gaji pegawai sebesar Rp1,4 triliun. Sementara, program Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) sebesar Rp1,8 triliun.

Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko mengatakan, tidak ada perubahan yang substansial dari asumsi kebijakan Umum APBD pada awal tahun 2017. "Meski demikian, kami mengimbau pemkab supaya bekerja lebih baik lagi. Terutama untuk merealisasikan beberapa pembangunan yang mengangkat kesejahteraan masyarakat," kata dia di Kantor DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Malang, Jawa Timur, Kamis 3 Agustus 2017.

Anggota Fraksi PDIP ini menambahkan, kegiatan SKPD yang sudah dianggarkan sebesar Rp1,8 triliun harus dimaksimalkan. "Terutama dalam mendukung program prioritas Pemkab Malang, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan infrastruktur, bidang pendidikan, dan kesehatan," kata Hari.

Wakil Bupati Malang M. Sanusi mengatakan, peningkatan anggaran memang tidak signifikan. Namun, program prioritas harus tetap dioptimalkan.

"Dengan menjalankan secara optimal, maka siklus kegiatan dalam pengelolaan keuangan daerah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar," kata Sanusi.


(NIN)