Seleksi Kesehatan Calon Haji Tahun Ini Diperketat

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 08 Aug 2017 11:31 WIB
haji 2017
Seleksi Kesehatan Calon Haji Tahun Ini Diperketat
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Imron -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Sebanyak 1.350 calon haji asal Kabupaten Malang siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada Rabu 9 Agustus 2017. Jemaah calon haji tersebut akan diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (kloter).

Ada yang berbeda pada persiapan keberangkan calon haji Kabupaten Malang tahun ini. Seleksi kesehatan para calon haji kali ini lebih intens.

"Tahun lalu ada dua calon haji yang gagal berangkat, padahal mereka sudah masuk ke asrama haji Sukolilo, Surabaya. Mau tidak mau kami pulangkan, karena kondisi kesehatannya tidak memenuhi syarat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Imron di kantornya, Jalan Kolonel Sugiono, Malang, Jawa Timur, Selasa 8 Agustus 2017.

Imron memastikan, calon haji yang telah diverifikasi untuk berangkat tahun ini lolos tahapan seleksi kesehatan. Selain itu, semua jemaah calon haji yang berangkat tahun ini dipastikan telah menerima vaksin sesuai dengan standar.

"Tes kesehatan tahun ini lebih ketat, karena sesuai dengan Permendinkes Nomor 15 Tahun 2016, semua calon haji harus berangkat dalam kondisi fisik yang sehat," jelasnya.

Sementara, empat kloter asal Kabupaten Malang nantinya ditempatkan di maktab yang berbeda. "Kloter 41 dan 43 di Mahbaji, kloter 42 di Jarwal, dan kloter 44 di Misfalah. Masing-masing jaraknya dari Masjidil Haram antara 1 kilometer sampai 3 kilometer," jelas Imron.

Terkait logistik, jemaah calon haji tidak perlu khawatir, karena jatah katering di Mekah untuk tahun ini bertambah dari 16 kali makan menjadi 25 kali. Sementara, di Madinah dan Mina jamaah haji masing-masing mendapatkan jatah katering sebanyak 18 dan 16 kali.


(NIN)