Kapolda Instruksikan Aparat di Jatim Tingkatkan Kewaspadaan

Amaluddin    •    Senin, 19 Jun 2017 19:42 WIB
penggerebekan teroris
Kapolda Instruksikan Aparat di Jatim Tingkatkan Kewaspadaan
Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. (Mtvn/amal)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Irjen Machfud Arifin, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar meningkatkan kewaspadaan terhadap terorisme. Pengamanan juga harus ditingkatkan jelang lebaran tahun ini.

"Terkait terorisme ini, saya sudah minta seluruh kepolisian di Jatim meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan, guna tercipta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," kata Machfud, usai memimpin Apel Upacara Semeru 2017 di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin, 19 Juni 2017.

Machfud tak banyak berkomentar soal penangkapan dua terduga teroris di wilayahnya. Ia hanya memastikan dua terduga teroris itu berasal dari kelompok atau jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi. 

"Sebelumnya kan juga sempat muncul di Youtube, ya kedua orang itu. Jaringannya dari Abu Jandal itu," kata Machfud.

Terkait kasus tersebut, Machfud menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri. Ia yakin masalah tersebut bisa diatasi sampai tuntas.

"Tim tadi juga telah mengambil barang-barang di kediaman terduga teroris di Surabaya. Tadi ada banyak yang kita ambil, ada buku dan lainnya," ujarnya singkat.

Menjelang lebaran ini, Machfud juga mengimbau kepada masyarakat tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Machfud berharap masyarakat bisa diajak kerjasama untuk mencegah terorisme.

"Kalau ada yang mencurigakan, bisa langsung lapor ke aparat setempat. Nanti akan ditindaklanjuti sesegera mungkin," kata Machfud.


(ALB)