Generasi Muda Diminta Manfaatkan Dana Desa

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 23 Oct 2018 11:51 WIB
dana desa
Generasi Muda Diminta Manfaatkan Dana Desa
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Malang, Medcom.id - Daviq

Malang: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengajak generasi muda dan santri di Indonesia untuk berperan aktif di bidang perekonomian. Terutama perekonomian dengan memanfaatkan Dana Desa.

"Marilah kembali ke desa, menggerakkan perekonomian umat melalui berbagai aktifitas. Di antaranya memperkuat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu di Malang, Senin malam, 22 Oktober 2018.

Gus Ipul mengatakan pemerintah menggelontorkan anggaran khusus pembangunan desa. Yaitu Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah kabupaten.

"Tujuan utamanya adalah mempersempit kesenjangan. Namun data menunjukkan di desa-desa itu anak-anak mudanya belum mau aktif, bahkan sebagian masih tinggal di kota-kota," ujarnya.

Oleh karena itu, wakil gubernur dua periode ini mengajak generasi muda yang berasal dari desa untuk mau kembali ke desa. Sehingga pembangunan desa bisa menjadi lebih cepat berkembang.

"Nanti bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi dan kementerian desa. Lalu nanti mereka setelah selesai mengikuti pelatihan bisa menjadi penggerak perekonomian di desa melalui BUMDes maupun melalui kegiatan lain-lain," ungkapnya.

Gus Ipul pun mencontohkan apabila anak-anak petani mau kembali ke desa maka bisa memberikan metode baru untuk pertanian di desa. Salah satunya seperti pertanian organik.

"Mengembangkan pertanian organik tidak perlu lagi lahan luas, tapi kita harus taat proses sabar. Karena memang bertani yang organik itu memerlukan proses yang panjang, yang dihargai itu prosesnya sehingga harganya mahal," terangnya.

"Nah memang belum banyak yang melakukan, anak-anak muda ini bisa sekarang. Kita dorong untuk menjadi petani milenial, nelayan milenial, pedagang milenial yang sekarang kesempatannya jauh lebih luas," pungkasnya.



(RRN)