KPU Jatim Coret Wisnu Wardhana dari Daftar Caleg

Faishol Taselan    •    Jumat, 11 Jan 2019 19:07 WIB
korupsipilegsuap ketua dprd malang
KPU Jatim Coret Wisnu Wardhana dari Daftar Caleg
ilustrasi Medcom.id

Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mencoret terpidana kasus korupsi Wisnu Wardhana sebagai calon legislatif DPRD Jatim nomor urut 1 dari dapil 3 Probolinggo Kota dan Pasuruan dari Partai Hanura.

"WW sudah dicoret oleh KPU sejak adanya salinan putusan dari Mahkamah Agung (MA) atas hukuman 6 tahun penjara," kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito di Surabaya, Jumat, 11 Januari 2019. 

Sejak mendapatkan salinan putusan dari Mahkamah Agung KPU Jatim langsung mencoret WW sebagai calon legislatif. WW ditangkap oleh Tim Intelijen Kejaksaan di Jalan Kejeran Surabaya setelah menjadi DPO atas putusan MA 6 tahun penjara.

"Namanya sudah dicoret dan tidak mungkin ada lagi dalam surat suara. Tidak mungkin juga akan diganti," kata Eko Sasmito.

Pihaknya juga sudah memberitahu ke Parpol, bahwa yang bersangkutan telah dicoret dari pencalonan, termasuk yang bersangkutan.

Seperti diketahui Wisnu Wardhana, mantan Ketua DPRD Kota Surabaya dinyatakan bersalah oleh MA dan dihukum 6 tahun penjara atas kasus korupsi PWU Jatim.

Sejak keluarnya putusan tersebut, WW sempat menghilang dan akhirnya berhasil ditangkap oleh Tim Intelijen Kejaksaan di Jalan Kenjeran Surabaya.


(ALB)