Api Berasal dari Car Deck Kapal

Amaluddin    •    Senin, 03 Dec 2018 18:26 WIB
kapal terbakar
Api Berasal dari <i>Car Deck</i> Kapal
Petugas SAR berada di lokasi kapal terbakar di perairan Gresik, Senin, 3 Desember 2018, dok: SAR Surabaya

Surabaya: Api yang berkobar di Kapal Roro KM Gerbang Samudra I berasal dari car deck atau tempat kendaraan bermotor. Kebakaran yang terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018, dan mengakibatkan tiga orang hilang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Dwi Budi Sutrisno mengatakan sumber api berasal dari car deck. Di lokasi itu, terdapat puluhan kendaraan.

"Ada 15 truk besar dan 12 truk ukuran sedang, satu truk tronton, dan mobil di car deck. Api muncul tiba-tiba di car desk sekitar pukul 01.00 WIB dan belum diketahui penyebab kebakaran," kata Dwi Budi di Surabaya, Senin, 3 Desember 2018.

Yang jelas, lanjut Dwi, kobaran api bermula di deck pada bagian depan kiri. Penyebabnya diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Menurut Budi, api semakin membesar saat para anak buah kapal (ABK) berupaya untuk memadamkan. Mengetahui kondisi itu, kemudian pihak kapal mengambil langkah untuk evakuasi para penumpang.

"Kemudian ada salah satu ABK mengirimkan sinyal tanda bahaya SOS, dan direspon oleh kapal PAN Marine 11 dari Pertamina. Kapal tersebut pada pukul 01.45 WIB mengevakuasi ratusan penumpang," ujarnya.

Dari total 130 penumpang dan kru, sebanyak 127 kemudian dievakuasi. Sedangkan 3 kru yakni nakhoda dan 2 kadet masih dalam pencarian. Saat ini pihak Kesyahbandaraan telah mengerahkan 5 kapal untuk mencarinya.


(RRN)