Empat Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK

Bermodalkan Dana Desa, Pujon Kidul Jadi Tujuan Wisata

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 18 Oct 2018 16:58 WIB
4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Bermodalkan Dana Desa, Pujon Kidul Jadi Tujuan Wisata
Pemandangan alam Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Medcom.id - Daviq Umar

Malang: Menjadi kawasan wisata tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh warga Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan bermodalkan Rp60 juta, Desa Pujon Kidul menjelma menjadi tujuan wisata ternama di Malang.

Medcom.id berkesempatan mendatangi Desa Pujon Kidul. Lokasinya berjarak kurang lebih 30 Kilometer di sisi barat dari Kota Malang. Pengunjung dapat menempuh perjalanan menuju lokasi dengan sepeda motor maupun mobil.

Jalan menuju Pujon Kidul sudah rapi. Jalanannya beraspal. Padahal beberapa tahun lalu, jalanan di kawasan itu rusak parah karena berulang kali dilewati oleh kendaraan berat.

Pemandangan di sisi kiri dan kanan berupa pepohonan yang menyejukkan mata. Setibanya di lokasi, pengunjung akan disambut dengan sebuah monumen bertuliskan Desa Wisata Pujon Kidul. Monumen itu merupakan gerbang masuk desa.


(Pemandangan di lokasi wisata Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, yang berkembang dengan menggunakan Dana Desa sebagai modal, Medcom.id - Daviq Umar)

Keramaian tampak di desa tersebut. Beberapa pengunjung menikmati pemandangan di Cafe Sawah. Mereka bersantai dan menyantap hidangan dengan menikmati pemandangan hamparan sawah.

"Saya baru pertama kali kesini. Ternyata ada tempat seperti ini di kawasan sini. Tak hanya cafe, wisata lainnya juga bagus. Sangat kreatif," kata Hafidz Amamul, seorang pengunjung, ditemui Medcom.id di Cafe Sawah,

Gunung Dorowati menambah keindahan panorama. Pengunjung berswafoto dengan pemandangan gunung sebagai latar belakang. Pemandangan yang sulit ditemukan di kota.

Sejumlah wahana di Desa Pujon Kidul pun ditawarkan. Mulai dari wisata petik sayur, outbound, ATV, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, beternak dan juga tersedia penginapan.

Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko menyebutkan 500 orang berkunjung di hari biasa. Tapi pada akhir pekan atau musim liburan, jumlah pengunjung bisa menembus angka 3.000 orang.

Sebenarnya, ujar Udi, rencana pembuatan kawasan wisata itu sudah ada sejak 2014. Namun, warga belum dapat merealisasikannya karena terbentur masalah dana.


(Cafe Sawah, salah satu lokasi di tempat wisata di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Medcom.id - Daviq Umar)

Lalu pada 2015, Desa Pujon Kidul mendapat Dana Desa sebesar Rp400 juta. Dana itu digunakan untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera dan infrastruktur. Warga desa juga menganggarkan dana untuk pengelolaan air bersih.

Setahun kemudian, Udi mengambil Rp60 juta untuk modal awal mengembangkan daerah wisata. Rencana dimatangkan. Warga dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan daerah wisata.

"Hasilnya pada 2017, omzet yang kami dapat dari kegiatan wisata itu mencapai Rp5,35 miliar," ujar Udi.

Pengembangan daerah wisata menciptakan lapangan kerja. Dulu, ujar Udi, banyak pemuda desa yang merantau. Tapi sekarang, mereka lebih memilih bekerja di desanya sendiri. Warga pun lebih sadar lingkungan. Mereka tak mau membuang sampah sembarangan.

Kabupaten Malang memiliki 370 desa. Sebanyak 113 desa telah mendirikan BUMDes. BUMDes Sumber Sejahtera di Desa Pujon Kidul merupakan yang terbaik dan kerap kali meraih penghargaan di tingkat nasional.

Antara lain, penghargaan Desa Wisata Agro dari Kementerian Desan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 2017 lalu dan penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2016 lalu.

Bahkan, Desa Pujon Kidul mendapatkan perhatian tersendiri dari Presiden RI, Joko Widodo. Hal itu terlihat dari unggahan video berjudul ‘Era Baru Desa Pujon Kidul’ di akun YouTube orang nomor satu di Indonesia itu pada, Rabu 28 Agustus 2018 lalu.



(RRN)