Tol Malang-Pandaan Dibuka saat Akhir Tahun

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 19 Dec 2018 10:28 WIB
natal dan tahun baru
Tol Malang-Pandaan Dibuka saat Akhir Tahun
Ilustrasi Jalan tol fungsional Malang-Pandaan, Jawa Timur, Rabu, 19 Desember 2018. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.

Malang: Jalan tol Malang-Pandaan (Mapan), Jawa Timur akan beroperasi selama masa libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2018. Tol ini rencananya akan dibuka secara fungsional selama 12 hari.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo mengatakan, tol Mapan ini bakal dibuka sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

"Gratis untuk ruas Pandaan-Malang saja," kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu, 19 Desember 2018.

Agus menambahkan, ruas tol yang akan dioperasionalkan sementara hanya dari Pandaan menuju Karanglo, Kabupaten Malang. Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan golongan I, seperti Sedan, Jip, Pick Up, dan Bus.

"Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB," jelas Agus.

Seperti diketahui, tol fungsional ini dibuka untuk memecah kemacetan di jalur Surabaya-Malang, terutama saat masa libur panjang. Salah satu titik rawan macet yakni di Jalan Raya Singosari, Malang. 

"Dengan dioperasionalkan ruas tol Pandaan-Malang diharapkan dapat mengurangi kemacetan pada saat Libur Natal dan Tahun Baru," pungkas Agus.

Sementara itu, Tol Mapan dapat dibilang cukup strategis karena jalur Malang-Surabaya selalu dipadati kendaraan. Terutama saat weekend atau libur karena banyak warga yang ingin mengunjungi kawasan wisata di Malang atau Batu.

Tol dengan nilai investasi mencapai Rp5,97 triliun ini memiliki lima seksi. Yakni Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, Seksi 2 Purwodadi-Lawang, Seksi 3 Lawang-Singosari, Seksi 4 Singosari-Pakis, dan Seksi 5 Pakis-Malang.


(DEN)