Logistik PSU Sampang Sudah Didistribusikan ke Kecamatan

Rahmatullah    •    Kamis, 25 Oct 2018 20:19 WIB
Pencoblosan Ulang
Logistik PSU Sampang Sudah Didistribusikan ke Kecamatan
ilustrasi Medcom.id

Sampang: Logistik untuk pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sampang, Jawa Timur, sudah tuntas didistribusikan ke semua kecamatan. KPUD Sampang berkoordinasi dengan Polri dan TNI dalam pengamanan distribusi logistik tersebut, termasuk juga berkoordinasi dengan Bawaslu dan Pemerintah Daerah.

“(Pendistribusian logistik) Juga disaksikan tim masing-masing pasangan calon. Kita pastikan sudah ada di kecamatan masing-masing. Dan Alhamdulillah tidak ada kendala apa pun,” kata Ketua KPUD Sampang, Syamsul Muarif, melalui sambungan telepon, Kamis, 25 Oktober 2018.

Syamsul menyebut kemungkinan distribusi ke desa-desa dilakukan besok, Jumat, 26 Oktober 2018. Tapi dia mengaku masih akan menggelar rapat untuk memastikan waktu pendistribusian tersebut.

Soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan, Syamsul mengungkapkan sebanyak 767.032 orang. Jumlah tersebut berkurang dari total DPT sebelumnya sebanyak 803.499 orang.

Syamsul mengatakan ada beberapa sebab yang menyebabkan DPT itu berkurang, yaitu ditemukan data ganda, data invalid, pemilih meninggal dan tidak dikenal.

“Tidak dikenal itu maksudnya tidak diketemukan orangnya saat dicek. Dan semua itu (potensi penyebab berkurangnya DPT) hampir ditemukan di semua kecamatan,” ujarnya.

Mengenai saksi, tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) maksimal 2 orang. Tapi yang boleh masuk hanya 1 orang. Syamsul mengatakan total TPS di Sampang sebanyak 1.450.

Dia berharap semua pihak bersama-sama mengawal semua tahapan PSU. Dia juga meminta masukan bila ditemukan hal-hal tidak sesuai ketentuan.

“Saya juga berharap semua masyarakat Sampang menggunakan hak pilihnya ketika hari H nanti. Semoga pemimpin yang terpilih nanti sesuai harapan masyarakat,” ujar dia.
(ALB)