Kepala BNN Dukung Lapas Khusus untuk Bandar Narkoba

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 10 Apr 2018 19:13 WIB
narkoba
Kepala BNN Dukung Lapas Khusus untuk Bandar Narkoba
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko mendukung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI untuk membangun lapas pengamanan ketat atau high security bagi bandar narkoba. Lapas berkonsep high-security itu bakal dibangun di Lapas Batu, Nusakambangan.

"Di situ nanti juga akan ada tempat rehab. Sehingga kita bisa bersama-sama simultan melakukan pembinaan napi dan rehabilitasi," katanya saat menghadiri kuliah tamu di Universitas Brawijaya (UB), Selasa, 10 April 2018.

Heru menambahkan pengamanan lapas untuk bandar narkoba yang tengah dibangun di Nusakambangan itu sengaja dibuat untuk kriminal high risk (berisiko tinggi). Dengan demikian, aktivitas narapidana di lapas menjadi terbatas.

"Kurang lebih 80 narapidana bisa ditampung di sana. Memang dibuat high risk, tidak ada IT dan masuknya ke sana susah," bebernya.

Selain itu, lapas high security juga dilakukan untuk mencegah agar narapidana tak bisa mengendalikan jaringan narkoba dari dalam lapas. Apalagi, banyak bandar yang terungkap mengendalikan bisnisnya dari dalam lapas.

Penjagaan super ketat pada lapas high risk ini dinilai dapat membuat para narapidana stres. Seluruh gerak-gerik narapidana dimonitor oleh kamera pengawas atau CCTV setiap harinya.

Satu sel hanya diisi oleh satu narapidana. Selain di Nusakambangan, lapas high risk rencananya juga akan dibangun di Medan, Gunung Sindur, dan Kalimantan.


(SUR)