Peserta UNBK SMA Diimbau tak Terpengaruh Isu

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 09 Apr 2018 13:28 WIB
ujian nasionalujian nasional sma
Peserta UNBK SMA Diimbau tak Terpengaruh Isu
Sejumlah siswa mengikuti ujian nasonal berbasis komputer (UNBK) di SMA Negeri 2 Kota Kediri, Jawa Timur,. (ANT/Prasetia Fauzani )

Malang: Sebanyak 7.549 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Malang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin, 9 April 2018. Jumlah tersebut terdiri dari siswa sebanyak 3.302 orang dan siswi sebanyak 4.252 orang.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Kota Malang Tri Suharno mengatakan, pihaknya telah meningkatkan keamanan di setiap sekolah agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar. 

"Diimbau kepada siswa agar tidak terpengaruh isu soal ujian yang bocor," kata Suharno, Senin, 9 April 2018. 

Sementara itu pantauan Medcom.id, UNBK di SMAN 7 Kota Malang yang diikuti sebanyak 399 siswa berjalan lancar. 

"Total ada lima server yang digunakan. Server utama ada 4, dan satu server cadangan," kata Teknisi UNBK SMAN 7 Kota Malang, Ahmad Yusuf Setiawan.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Cengger Ayam, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ini menyiapkan 160 komputer untuk ujian.

"Tidak ada masalah berarti. Sudah ada antisipasi genset. Penambahan daya sudah terpenuhi," bebernya.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK di Kota Batu yang diikuti oleh sekitar 1.200 siswa SMA. Rincian sekolahnya terdiri dari dua SMA negeri, satu MA negeri, 2 MA swasta dan delapan SMA swasta.

Seluruh SMA baik negeri maupun swasta di Kota Batu pun sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri atau menggelar ujian di sekolahnya masing-masing.

Seluruh SMA baik negeri maupun swasta mengikuti UNBK secara mandiri. Namun di tingkat madrasah, ada empat sekolah yang masih menumpang. Yakni MA Muallimin NU, MA Muallimat, MA Muhamaddiyah 2 Malang, dan MA Darussalam Agung.



(LDS)