KA Banyuwangi-Cilacap Beroperasi 1 September

Kusbandono    •    Senin, 27 Aug 2018 16:58 WIB
kereta api
KA Banyuwangi-Cilacap Beroperasi 1 September
KA Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi-Cilacap di stasiun Jember, Senin 27 Agustus 2018.

Jember: PT KAI Daop 9 Jember akan mengoperasikan rangkaian kereta api baru relasi Banyuwangi-Cilacap. Rangkaian kereta bernama "Wijaya Kusuma" tersebut tergolong baru dan berkelas eksekutif dan ekonomi premium.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif mengatakan, pengoperasian KA Wijaya Kusuma tersebut untuk memenuhi antusias masyarakat akan moda transportasi yang aman, nyaman, bebas macet, tepat waktu, serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa kereta api yang terus meningkat. 

"PT KAI Daop 9 Jember merespons antusiasme pengguna jasa Kereta api tersebut dengan mengoperasikan KA Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi - Surabaya - Cilacap (PP) mulai 1 September 2018." Kata Lukman kepada Medcom.id, Senin, 27 Agustus 2018.

Lukman juga mengatakan, dengan beroperasinya KA Wijaya Kusuma tersebut maka masyarakat Jember, Banyuwangi dan sekitarnya memiliki pilihan baru untuk menuju Kota Surabaya, Madiun, Solo, Yogyakarta sampai Cilacap.

“Disamping itu, Jawa Timur khususnya Kota Banyuwangi sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia, beberapa di antaranya adalah Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran." Tambah Lukman.

Lukman juga menambahkan, selain itu, pantai-pantai di Banyuwangi juga sudah terkenal akan keindahannya. Dengan beroperasinya KA Wijaya Kusuma, kami berharap akan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke Banyuwangi. 

"KA Wijaya Kusuma ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif moda transportasi pilihan wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi, Jember dan sekitarnya,” ujar Lukman.

Rangkaian KA Wijaya Kusuma terdiri dari 4 Kereta kelas eksekutif, 3 kereta ekonomi premium dan 1 kereta pembangkit dengan total kapasitas 392 tempat duduk. Harganya kata Lukman, normalnya relasi Banyuwangi-Cilacap untuk eksekutif mulai Rp 310.000 dan mulai 220.000 untuk yang ekonomi.

"Untuk keberangkatan tanggal 1 - 30 September 2018, ada tarif promo mulai Rp 130.000. Tiket sudah bisa dipesan mulai 23 Agustus 2018." Ungkap Lukman. 

PT KAI Daop 9 Jember juga mengakomodasi kebutuhan penumpang yang akan naik atau turun pada stasiun tertentu, PT KAI juga akan memberikan tarif khusus yang dapat dilayani pembeliannya mulai 2 jam sebelum keberangkatan KA Wijayakusuma di relasi sebagai berikut :

Banyuwangi - Jember Rp 65.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 35.000 untuk kelas ekonomi. Jember - Surabaya Gubeng Rp 100.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 65.000 untuk kelas ekonomi.

"Tiket KA Wijaya Kusuma sudah bisa dipesan mulai tanggal 23 Agustus 2018 kemarin." Pungkas Lukman.


(ALB)