Aparat Desa Diminta Solid Pertahankan Pancasila

Amaluddin    •    Kamis, 18 May 2017 17:30 WIB
nkri
Aparat Desa Diminta Solid Pertahankan Pancasila
Gubernur Jawa Timur Soekarwo -- ANT/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Perangkat desa adalah ujung tombak untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu, seluruh aparat desa di Jawa Timur diimbau menjaga dan mempertahankan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 45, Kebhinekaan, dan NKRI.

"Pemprov Jatim juga telah melakukan berbagai kegiatan penguatan peran perangkat desa, karena di desalah komunitas terkecil bangsa bertemu dan berkumpul sehari-hari," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabay, Jawa Timur, Kamis 18 Mei 2017.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu merinci, pada 2015 pernah diadakan pelatihan kepada 7.341 kepala desa terkait penyelenggaraan pemerintahan desa. Kemudian, pelatihan sekaligus pengarahan kepada 664 camat tentang pengelolaan pemerintahan yang baik.

Pentingnya empat pilar, lanjut Pakde Karwo, untuk mencegah dan mengantisipasi kelompok yang mencoba memecah belah negara. "Semua kepala daerah sudah disumpah untuk membela, menjaga, dan mempertahankan Pancasila serta NKRI. Jadi, kita wajib hukumnya untuk mengantisipasi dan menindak tegas jika ada kelompok yang ingin memecah belah," tegasnya.

Menurut Pakde Karwo, menjaga empat pilar kebangsaan juga sejalan dengan fungsi pemerintahan, khususnya membangun rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Harmonisasi antara kepala daerah juga sangat penting dalam membina hubungan baik yang sinergis.

"Dengan suasana aman dan nyaman itu, juga akan membuat kehidupan ekonomi berjalan lancar, sehingga dapat menciptakan kesejahteraan rakyat," pungkasnya.


(NIN)