Jadi Tersangka, Wisnu Wardhana Tantang Kejaksaan Buktikan Kesalahannya

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 24 Oct 2016 19:00 WIB
dahlan iskan
Jadi Tersangka, Wisnu Wardhana Tantang Kejaksaan Buktikan Kesalahannya
Mantan Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana menjadi tersangka kasus dugaan penjualan aset PT PWU, Ant - Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Tersangka dugaan korupsi penjualan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) BUMD Pemrpov Jatim, Wisnu Wardhana, menantang jaksa untuk membuktikan dirinya bersalah. Malah, Wisnu mengaku tak mengetahui kesalahan yang menjadikan dirinya sebagai tersangka.

Hal itu disampaikan Dawud Budi Sutrisno, selaku Kuasa Hukum Wisnu Wardhana. Menurut Budi, Wisnu hanya pelaksana yang menuruti perintah direksi dalam jual beli aset tersebut.

"Kalau memang ada kesalahannya, silakan jaksa membuktikan. Akan kami tunggu," katanya, di Kejati Jatim, Kota Surabaya, Senin (24/10/2016).

Menurut Budi, pasal 2 dan 3 UU Tindak Pidana Korupsi yang disangkakan kepada kliennya itu tentang kewenangan. Sementara selama menjadi ketua pelaksana pelelangan kliennya tidak pernah melanggar yang telah ditetapkan.

"Kalau memang korupsi, silahkan dibuktikan kerugian negaranya berapa, siapa yang menggunakan, dan untuk apa uang itu," ujarnya.

Budi meminta kepada Kepala Kejati Jatim Maruli Hutagalung untuk mempertimbangkan hal tersebut. Sebab, dia meyakini kliennya tidak meyalahgunakan wewenang dan melakukan usaha memperkaya diri sendiri.

"Seluruh prosedur sudah dilakukan. Uang juga disetor ke bendahara. Sementara kami belum ada rencana praperadilan, kami menghormati institusi," imbuhnya.

Senin 24 Oktober, Wisnu Wardhana diperiksa Kejati Jatim sebagai tersangka. Selain Wisnu, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan hingga petang ini masih berada di runag penyidikan Pidana Khusus Kejati Jatim dengan status sebagai saksi.



(RRN)