Antisipasi Terorisme, Jatim Terapkan Tiga Pilar Plus

Amaluddin    •    Selasa, 25 Oct 2016 17:22 WIB
terorisme
Antisipasi Terorisme, Jatim Terapkan Tiga Pilar Plus
Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf membuka Silaturahmi Forpimda Jatim dengan Tiga Pilar Plus. Foto: Metrotvnews.com/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Jawa Timur menerapkan Tiga Pilar Plus untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Jatim. Tiga Pilar Plus ini juga merupakan bagian deteksi dini dari segala bentuk gangguan keamanan masyarakat.

"Keberadaan Tiga Pilar Plus ini diharapkan mendapat dukungan masyarakat, khususnya di perdesaan," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, pada acara Silaturahmi Forpimda Jatim dengan Tiga Pilar Plus, di Empire Palace Surabaya, senin (24/10/2016).

Gus Ipul, sapaan Saifullah, menjelaskan Tiga Pilar Plus terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa. Komunikasi ketiganya, kata dia, dapat merumuskan semua gangguan yang akan terjadi. 

"Sehingga akan ada antisipasi terorisme, konflik suporter, konflik tanah, dan konflik agama," kata dia.

Perumusan deteksi dini keamanan di setiap wilayah berbeda karena setiap desa memiliki skala prioritas tersendiri. "Hampir semua titik di Jatim berpotensi gangguan. Keberadaan Tiga Pilar Plus bisa meredam potensi itu," ujarnya.


(UWA)