Ibu Negara Pantau Program Deteksi Kanker Serviks di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 27 Oct 2016 15:15 WIB
kesehatan
Ibu Negara Pantau Program Deteksi Kanker Serviks di Sidoarjo
Ibu Negara Iriana bertemu dengan perempuan yang mengikuti program deteksi kanker serviks di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau pelaksanaan program deteksi dini kanker serviks di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla turut mendampingi kunjungan Ibu Negara.

Kamis pagi 27 Oktober, Iriana dan Mufidah mendatangi Puskesmas Candi Sidoarjo. Puskesmas tersebut ditunjuk untuk melayani pemeriksaan infeksi visual acetat (IVA) dan payudara klinis. 

Ibu Negara bertemu dengan 200 perempuan yang mengikuti program Nasional 'Gerakan Deteksi dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara' di puskesmas tersebut. Ibu Negara juga membagikan kain pada peserta program.

"Sangat senang sekali. Kapan lagi bisa bertemu ibu negara," ucap Mirna, warga Desa Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Mirna pun berencana menjahit kain itu menjadi baju. Setidaknya, ia dapat menggunakan kain itu sebagai kenang-kenangan dari Ibu Negara.

Puskesmas Candi menargetkan 26.883 perempuan asal kecamatan tersebut mengikuti program deteksi dini kanker payudara dan serviks. Rata-rata perempuan berusia 30 hingga 49 tahun.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kohar Hari Santoso mengungkapkan kunjungan Ibu Negara untuk melihat langsung proses pemeriksaan IVA test maupun pemeriksaan patudara klinis. Selain itu, Ibu Iriana juga mengunjungi laboratorium yang berada di Puskesmas Candi. 

"Harapannya, ibu-ibu bisa memperhatikan deteksi dini atas kanker serviks maupun kanker payudara. Sebelum membahayakan terhadap dirinya sendiri," ujar Kohar. 

Diakui, bahwa kerawanan kerap terjadi pada kanker leher, payudara maupun kanker dari saluran pernafasan (paru-paru). Dengan adanya program ini, bisa terlihat dari kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini sehingga terus dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui hal tersebut.



(RRN)