SMA Swasta di Sidoarjo Berlakukan Sewa Paket Komputer untuk UNBK

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 21 Mar 2017 11:52 WIB
ujian nasional sma
SMA Swasta di Sidoarjo Berlakukan Sewa Paket Komputer untuk UNBK
Kepala Sekolah SMA Antartika Sidoarjo Sukarno -- MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Rencana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMP, SMA dan SMK di Sidoarjo terkesan dipaksakan. Pihak sekolah akan melakukan sistem sewa paket komputer dengan pihak ketiga untuk keperluan UNBK. Biaya sewa dibebankan ke orang tua siswa.

"Di sekolah cuma ada 50 unit (komputer). Sedangkan, kebutuhannya 200 unit. Jadi, sisanya nanti kita sewa kepada pihak ketiga dengan sistem paket," kata Kepala Sekolah SMA Antartika Sidoarjo Sukarno, Selasa, 21 Maret 2017.

Sukarno menjelaskan, pelaksanaan UNBK memang hanya empat hari. Namun, laptop atau komputer yang disewa harus siap di sekolah paling lambat dua hari sebelum pelaksanaan UNBK.

"Ada sistem paket ujian untuk kelas XII, mulai dari UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), ujian praktek, try out, dan lain-lain, termasuk sewa komputer untuk UNBK. Semua (biaya) jadi satu dibebankan ke orang tua siswa. Nilainya Rp1.550.000 per anak," terang Sukarno.

Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Mustain Baladan menyampaikan, sudah selayaknya pelaksanaan UN tahun ini menggunakan sistem komputer. Perkembangan tekhnologi informasi dan tingkat kejujuran siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian juga akan terjamin.

"Tahun ini, baik SMP, SMA/SMK di Sidoarjo tidak melayani ujian berbasis kertas. Jadi, seluruhnya pakai komputer," kata Mustain.

Mustain mengakui, komputer untuk pelaksanaan UNBK di setiap sekolah tak memadai. Pihaknya punya dua alternatif, yakni menggabungkan sekolah atau meminjam laptop milik siswa maupun orang tua.


(NIN)