Camat di Sumenep Bakal Dimutasi Jika Intervensi Pengelolaan Dana Desa

Rahmatullah    •    Rabu, 22 Nov 2017 12:22 WIB
dana desa
Camat di Sumenep Bakal Dimutasi Jika Intervensi Pengelolaan Dana Desa
Bupati Sumenep A. Busyro Karim -- MTVN/Rahmatullah

Sumenep: Bupati Sumenep A. Busyro Karim mewanti-wanti agar para camat tidak merecoki pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Jika ada laporan dan terbukti bandel, camat bersangkutan bakal dikenakan sanksi.

"Minimal penurunan pangkat dari jabatannya," kata Busyro di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa, 21 November 2017.

Menurut Busyro, dana miliaran rupiah tersebut dikucurkan untuk memajukan kehidupan masyarakat desa. Dengan dana tersebut, diharapkan perekonomian dan pembangunan infrastruktur di desa semakin baik.

Mantan Ketua DPRD Sumenep itu juga mengimbau agar perangkat desa berani melaporkan intervensi yang dilakukan siapa pun. Apalagi saat ini Korps Bhayangkara juga terlibat dalam pengawasan realisasi DD-ADD.

Namun, Busyro mengingatkan perangkat desa dapat maksimal menggunakan dana tersebut dan bisa mempertanggung jawabkan sesuai rencana penggunaan. Dia yakin, kebutuhan masyarakat akan terpenuhi jika penggunaan dana tersebut maksimal.

"Silakan pemerintah desa berkreasi dalam penggunaan dana tersebut. Jangan sungkan untuk segera melapor bila ada yang intervensi," tegasnya.

Sebagai informasi, jumlah DD-ADD di Kabupaten Sumenep tahun ini kembali meningkat menjadi Rp385,7 miliar. Tahun lalu, senilai Rp336 miliar dan pada 2015 sejumlah Rp94,8 miliar.


(NIN)