Mal Pelayanan Publik Surabaya Pusatkan 160 Lebih Perizinan

Amaluddin    •    Sabtu, 07 Oct 2017 17:27 WIB
perizinanpelayanan publik
Mal Pelayanan Publik Surabaya Pusatkan 160 Lebih Perizinan
Ilustrasi. Foto: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Kabar gembira bagi Surabaya, Jawa Timur. Sebab, hampir seluruh pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terpusat di Mal Pelayanan Publik (MPP), Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Surabaya.

"Jadi masyarakat tidak perlu lagi wara-wiri ke Pemkot. Sekarang terkait perizinan dan pelayan publik lainnya berada di satu titik," ujar Risma, di sela peresmian MPP Surabaya, Jumat 6 Oktober 2017.

MPP merupakan sinergi antara Pemkot Surabaya dengan instansi layanan publik lainnya. Dibuatnya mall tersebut tiada lain untuk memudahkan masyarakat surabaya dalam mengurusi berbagai parizinan.

"Semua perizinan yang berkaitan dengan Pemkot Surabaya, kini dapat dilakukan di MPP ini. Nanti gak akan ada lagi masyarakat berseliweran di Gedung Pemkot," ujarnya.

Ada 154 perizinan dari 21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya dipusatkan di MPP Gedung Siola. Ditambah empat perizinan yang dikelola Polrestabes Surabaya seperti SKCK, SIM, dan Surat Tanda Kehilangan.

Tak hanya itu, pelayanan DJP Kanwil I Provinsi Jatim, mulai dari membuat NPWP hingga membayarkan pajak, juga bisa dilakukan di sana. Tak terlupa Pelayanan PDAM dan Pelayanan Kependudukan, seperti KTP, Akta Kelahiran, perijinan ketenagakerjaan serta perijinan perdagangan.

"Di MPP ini, kami juga bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya seperti kantor Imigrasi, serta beberapa bank juga sudah berencana untuk membangun konter di sini (MPP, red)," kata Risma.


(SUR)