Belum Ada Taksi Online di Sidoarjo yang Urus Izin

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 03 Nov 2017 15:05 WIB
taksi onlinetransportasi berbasis aplikasipolemik taksi online
Belum Ada Taksi Online di Sidoarjo yang Urus Izin
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Dinas Perhubungan Sidoarjo menyatakan belum satupun pengurusan izin transportasi online yang masuk. Padahal, salah satu regulasi dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Pemenhub) Nomor 108 Tahun 2017 mewajibkan angkutan daring memiliki badan usaha.

"Kalau transportasi online masih belum ada yang melakukan izin angkutan," terang Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo, Asrofi, Jumat 3 November 2017.

Regulasi badan usaha transportasi online diperlukan agar jasa angkutan umum berjalan tertib. Karena itu, pemerintah mewajibkan pengemudi taksi online tergabung dalam badan usaha.

(Baca: Taksi Online Harus Berbadan Usaha)

"Harus bergabung dengan perusahaan transportasi legal (terdaftar). Apakah itu dari koperasi atau semacamnya. Cuma sampai saat ini masih belum ada yang masuk (terdaftar)," kata Asrofi.

Menurutnya, Dinas Perhubungan Sidoarjo hanya memiliki kewenangan dalam perizinan angkutan. Sedangkan untuk izin operasional dikeluarkan Provinsi Jawa Timur.

"Sebagaimana Peraturan menteri perhubungan itu. Kewenangan di Provinsi masing-masing. Kami hanya mengurus izin angkutannya," terangnya.

Peraturan itu juga mengatur tarif atas dan bawah, serta pembatasan wilayah bagi transportasi online. Sehingga dengan adanya aturan baru tersebut bisa menjadikan baik transportasi online maupun konvensional lebih tertib.

(Klik juga: Belum Ada Taksi Online Ajukan Izin KIR, Pool, dan Bengkel)


(SUR)