Kepsek Dilaporkan karena Membolos Selama 5 Tahun

Rahmatullah    •    Kamis, 23 Nov 2017 19:19 WIB
pendidikansekolah
Kepsek Dilaporkan karena Membolos Selama 5 Tahun
DPKS saat menerima laporan kepsek bolos – MTVN/ Rahmatullah

Sumenep: Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS), Jawa Timur, menerima laporan Kepala SDN Goa-Goa I, Kecamatan/Pulau Raas, berinisial ADM, sering membolos. Tak tanggung-tanggung, sang kepsek tak datang ke sekolah selama 5 tahun.

Laporan datang dari Hariani, wali murid. Menurut dia, ADM jarang masuk sejak 2010. Bahkan, sejak tiga tahun terakhir, ADM dikabarkan hanya masuk ke kantor UPT setempat, alasannya karena stroke.

“Jika dikalkulasi antara yang sakit tiga tahun dengan sebelumnya, berarti sudah tidak masuk selama lima tahun,” kata Hariani usai melapor.

Tidak hanya membolos, ADM juga diduga memanipulasi data kehadiran. Hariani menyebut tanda tangan milik kepsek diduga fiktif. Sebab itu, dia berharap DPKS segera turun tangan menyelesaikan persoalan itu.

Hariani masih bersyukur karena kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berjalan. Meski tidak ada kepala, belajar siswa tidak terganggu, sebab ada guru suka relawan (sukwan) dan ASN yang masih setia menjalankan profesi.

Sementara Sekretaris DPKS, Moh Suhaidi, menegaskan lembaganya akan membentuk tim investigasi untuk mengungkap persoalan tersebut. Dia mengaku prihatin bila laporan itu sesuai fakta di lapangan. Sebagai abdi Negara, apa pun posisinya, mestinya bekerja sesuai dengan standar operasional, bukan malah mengabaikan tugas dengan tidak masuk kantor.

“Kalau benar, ini sudah keterlaluan. Seorang ASN tidak boleh begitu,” katanya.

Dia enggan berkomentar lalu jauh, karena masih perlu pendalaman, terlebih oknum kepala sekolah tersebut juga diduga memanipulasi data. Tim investigasi yang bakal dibentuk diyakini akan mengurai masalah hingga ke akar.


(ALB)