Pilgub Jatim, Demokrat Mengerucut Dua Nama

Amaluddin    •    Jumat, 13 Oct 2017 20:35 WIB
pilgub jatim 2018
Pilgub Jatim, Demokrat Mengerucut Dua Nama
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Demokrat akan mempertimbangkan nama Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa untuk diusung di Pilgub Jawa Timur 2018. Sebelum itu, partai berlambang segitaga mercy itu akan melakukan power sharing di tingkat majelis tinggi.

"Insyaallah bulan ini akan digelar power sharing di pusat," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, di Surabaya, Jumat, 13 Oktober 2017.

Menurut Pakde Karwo, power sharing mengerucut pada dua nama, Khofifah dan Gus Ipul. Dari keduanya, akan dipilih siapa yang paling unggul memiliki kekuatan dukungan dari parpol.

"Misal Gus Ipul sekarang sudah mendapat dukungan PKB dengan 20 kursi. Sementara Bu Khofifah misal NasDem 2 kursi, Golkar 13 kursi. Jadi itu yang dinamakan power sharing," ujarnya.

Selain kekuatan parpol, Demokrat juga akan mendalami seberapa besar kekuatan kedua figur tersebut. "Nanti Pak Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan pilih dan siapa yang akan dipanggil," katanya.

Partai Demokrat merupakan partai pemenang keempat di Jatim, dengan memperoleh 13 kursi. Artinya, Demokrat belum memiliki cukup kursi sebagai syarat mengusung cagub/cawagub sendiri, yakni 20 kursi.



(ALB)