Pompa Air Permanen bakal Dipasang di Kawasan Porong

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 07 Dec 2017 13:19 WIB
banjir
Pompa Air Permanen bakal Dipasang di Kawasan Porong
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan -- medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana memasang pompa air secara permanen di kawasan Porong. Pemasangan pompa tersebut untuk mengantisipasi banjir kiriman yang sering menyambangi Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menjelaskan, secara geografis Sidoarjo berada di dataran rendah yang diapit beberapa sungai besar. "Jangankan hujan, tidak hujan pun Sidoarjo bisa banjir," kata dia, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut Saiful, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan normalisasi setiap tahunnya. Hal itu untuk mengantisipasi banjir berkepanjangan di Sidoarjo.

(Baca: Empat Kecamatan di Sidoarjo Terendam Banjir)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan menambahkan, normalisasi sungai belum bisa dilakukan dalam kurun waktu setahun terakhir. Salah satunya disebabkan persetujuan anggaran oleh DPRD Kabupaten Sidoarjo.

"Selain anggaran, dinas Sidoarjo juga banyak mengalami pergantian personil. BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) pun begitu. Sedangkan, PPLS (Pendataan Program Perlindungan Sosial) sibuk dengan pergantian nama yang dulunya BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo)," kata Sigit.

(Baca: Pemerintah Akui Kesulitan Tangani Banjir di Porong Sidoarjo)

Saat curah hujan tinggi, Sungai Ketapang (Porong) yang mempunyai sedimen tinggi tak mampu menampung. Air pun meluber ke permukiman warga.

"Ke depan, kami akan memasang pompa secara permanen di kawasan Sungai Ketapang atau di sekitar Porong. Gubernur Jatim sudah mengajukan pompa air ke Kementerian PUPR," tandasnya.

 


(NIN)