Dampak Cuaca Buruk

Pemkab Jombang Disarankan Pangkas Ranting Pohon di Pinggir Jalan

Nurul Hidayat    •    Rabu, 15 Nov 2017 11:03 WIB
cuaca buruk
Pemkab Jombang Disarankan Pangkas Ranting Pohon di Pinggir Jalan
Pohon tumbuh berderet di pinggir Jalan Wahid Hasyim Jombang, Rabu 15 November 2017, MTVN - Nurul Hidayat

Jombang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyarankan Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memangkas pohon di pinggir jalan. Sebab cuaca ekstrem berpotensi membuat pohon tumbang. 

Sejak awal November 2017, pohon tumbang terjadi di empat wilayah. Peristiwa itu terjadi akibat terpaan angin kencang.

"Beruntung tak ada korban jiwa, hanya kerugian material dan sudah ditangani," kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi, ditemui di ruang kerjanya di Jalan KH Wahid Hasyim Jombang, Rabu 15 November 2017.

Adapun empat kejadian pohon tumbang yaitu di Jalan Setia Budi Kecamatan Jombang, di Desa Cukir Kecamatan Diwek, Di Desa Sumberbendo Kecamatan Jogoroto, dan Di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Jombang.

Di Desa Cukir, pohon yang tumbang berdiameter kurang lebih 50 centimeter. Pohon menimpa rumah warga. Atap rumah warga rusak berat.

Sementara itu, pohon jenis sonokembang tumbang di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo. Ranting pohon menutup sebagian ruas jalan. Anteran kendaraan roda dua dan empat terjadi di dua arah. Petugas dan warga pun bergotong royong memindahkan pohon.

Gunadi menyarankan pemerintah kabupaten memangkas ranting pohon, terutama di pinggir jalan. Kebanyakan, pohon di pinggir jalan berusia sudah tua. Pohon-pohon tersebut berjenis sonokembang dan bintaro. Saat angin kencang menerpa, pohon berpotensi tumbang.

Pohon sonokembang atau angsana memiliki bentuk batang yang keras dan berat. Ketinggian pohon bisa mencapai 40 meter dan diameter batang bisa mencapai 3 meter. 

Pohon memiliki banyak cabang. Daunnya juga banyak dan membuat efek teduh pada lingkungan di sekitarnya.

Lain lagi dengan pohon bintaro. Pohon ditanam di pinggir jalan untuk membuat suasana lebih teduh. Pohon bisa tumbuh hungga mencapai ketinggian 12 meter.


(RRN)