Warga Sidoarjo Berburu Udang dan Ikan di Tengah Banjir

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 01 Dec 2017 13:34 WIB
banjir
Warga Sidoarjo Berburu Udang dan Ikan di Tengah Banjir
Sejumlah pemuda sibuk menjaring udang dan ikan di permukiman warga di Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur -- medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Sidoarjo, Jawa Timur. Bagi sebagian warga, banjir justru menjadi berkah karena dapat berburu udang dan ikan tanpa harus pergi ke sungai.

Seperti yang terlihat di Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Sejumlah pemuda sibuk menjaring udang dan ikan di permukiman warga. Udang dan ikan yang mereka jaring berasal dari tambak milik tambak yang meluap lantaran terkena banjir.

"Sejak kemarin sudah banyak yang cari ikan. Bahkan, kemarin saya mendapat ikan dan udang satu tas plastik," kata Andika, Jumat, 1 Desember 2017.

Ikan yang didapat, di antaranya lele dan ikan gabus. Udang yang didapat pun ukurannya lumayan besar.


Udang yang didapatkan warga -- medcom.id/Syaikhul Hadi

Yudha, warga lainnya, mengaku ikut berburu karena melihat banyak ikan di permukiman mengikuti arus banjir. "Dari pada nganggur, mending cari ikan. Lumayan buat dimasak nanti," ungkapnya.

Saat ini, banjir di sejumlah wilayah di Sidoarjo terpantau masih setinggi 50 centimeter.

(Baca: Pemkab Sidoarjo Tetapkan Status Tanggap Darurat)

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menaikkan status bencana dari siaga menjadi tanggap darurat pada 29 November 2017. Status tanggap darurat dilakukan hingga dua pekan ke depan.

Kebijakan menaikkan status tersebut melalui hasil rapat seluruh stakeholder di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Menaikkan status juga berkenaan dengan kehidupan dan penghidupan masyarakat Sidoarjo.


(NIN)