KPU Sidoarjo Buka Posko Hak Pilih

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 11 Oct 2018 10:53 WIB
pilegpemilu serentak 2019
KPU Sidoarjo Buka Posko Hak Pilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo membuka posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) jelang Pemilu 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.

Sidoarjo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo membuka posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) jelang Pemilu 2019. Selain di kantor KPU Jalan Cemengkalang Sidoarjo, Posko juga akan dibuka di masing-masing desa dan Kecamatan di Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin mengatakan, posko layanan ini didirikan sebagai bentuk tindak lanjut dari Gerakan Melindung Hak Pilih (GMHP) masyarakat. Sebagaimana instruksi KPU RI tentang Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

"Intinya gerakan ini sebagai upaya penyempurnaan elemen data pemilih," kata Zainal Abidin saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Oktober 2018. 

Zainal menjelaskan, dengan posko layanan ini maksimalisasi pelayanan penyelenggara Pemilu kepada pemilih bisa terpenuhi.

Pihaknya memberikan ruang yang cukup kepada pemilih untuk memastikan apakah sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih dalam pemilu 2019

"Harapannya jumlah DPT saat Pemilu 2019 nanti akan ada kenaikan signifikan sesuai dengan harapan yang diinginkan kita semua," jelas Zainal. 

Sementara itu Divisi Program Data KPU Sidoarjo Abdillah Adhi menambahkan, selain  mengakomodir pemilih yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), pihaknya juga mencermati data pemilih ganda atau pemilih yang tidak memenuhi syarat, termasuk memperbaiki detail data pemilih. "Seperti ejaan nama, NIK dan lainnya," tambah Adhi. 

Selain melalui posko yang sudah didirikan di tingkat desa sampai kabupaten, pemilih juga bisa mengetahui data tentang pemilih dan serba-serbi pemilu melalui website resmi KPU RI PEMILU 2019.


(DEN)