Awal Tahun, Pendakian Gunung Semeru Ditutup

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 26 Dec 2018 20:25 WIB
wisata gunung
Awal Tahun, Pendakian Gunung Semeru Ditutup
Pendakian Gunung Semeru. (Medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berencana menutup secara total pendakian ke Gunung Semeru. Pendakian rencananya ditutup sejak 3 Januari 2019 hingga pemberitahuan selanjutnya.

Kepala Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan penutupan pendakian ini dilakukan setelah memperhatikan kondisi cuaca yang cenderung semakin memburuk. Bahkan cuaca buruk juga disertai dengan hujan lebat dan pohon tumbang.

"Hal itu dapat mengancam keselamatan pengunjung," katanya, Rabu 26 Desember 2018.

Sarif menjelaskan penutupan pendakian ini dilakukan sebagai sebuah upaya antisipatif terhadap bencana pohon tumbang dan longsor. Hal itu untuk mengantisipasi bencana yang terjadi hingga menimbulkan korban.

"Mengingat prakiraan di bulan-bulan Januari sampai dengan April intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang. Hanya saja, sementara ini pohon tumbang belum ada laporan," ujarnya.

Selain mencegah korban, Sarif mengaku penutupan pendakian ini juga dilakukan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian. Hal itu untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

"Terkait recovery atau pemulihan ekosistem lebih bersifat alamiah setelah lebih kurang delapan atau sembilan bulan adanya aktivitas pengunjung di dalam kawasan," ungkapnya.

"Diharapkan pemulihan ekosistem alamiah dengan didukung curah hujan yang cukup tinggi akan berjalan dengan baik," pungkasnya.



(ALB)