Pemuda Asal Jombang Ditangkap Densus 88

Nurul Hidayat    •    Selasa, 15 May 2018 16:57 WIB
terorismeTeror Bom di Surabaya
Pemuda Asal Jombang Ditangkap Densus 88
Rumah terduga teroris di Jombang (Medcom.id/Nurul)

Jombang: Kampung warga Desa Buduk, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dibuat geger atas informasi penangkapan Boy Arfiansyah, 29 oleh tim Detasemen Khusus 88. Penangkapan diduga karena Boy pernah menjenguk salah satu tahanan teroris di sebuah lapas yang ada di Jawa Timur. 

"Informasinya semalam diamankan Densus 88 di Surabaya, taunya dari kakak saya yang berada di Surabaya," kata Yazid Bastomi yang merupakan paman dari Boy Arfiansyah saat ditemui di kediamannya di Desa Buduk, Selasa, 15 Mei 2018.

Yazid bercerita Boy pernah didatangi polisi lantaran menjenguk salah satu tahanan teroris. "Ditanyain, alasan Boy menjenguk tahanan teroris, saya jawab enggak tau wong dari kecil enggak di sini," tuturnya.

Baca: Lagi, Empat Terduga Teroris Ditangkap di Jatim

Yazid bilang, Boy ditangkap bersama adiknya Deniar Faurizal, namun informasi terakhir menyebutkan bahwa adiknya sudah dibebaskan.
 
"Adiknya itu tidak tahu apa-apa, tapi kayaknya Boy masih diperiksa dan belum keluar," imbuh Yazid.

Meski menjadi paman dari Boy, Yazid tak begitu mengenal lantaran Boy dan adiknya sejak kecil ikut ayahnya di Surabaya berjualan roti. Dan, baru tiga bulan ini di Jombang karena ada masalah dengan orang tuanya.

"Tidak ada yang aneh, di rumah juga seperti biasa, makan, tidur, ibadah," kata Yazid.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur kembali menangkap empat terduga teroris di sejumlah daerah di Jatim. Mereka ditangkap di tiga daerah, yakni di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Surabaya. 

"Telah dilakukan penangkapan terhadap terduga teroris di tiga daerah tersebut," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa, 15 Mei 2018.

Barung menjelaskan, satu terduga teroris ditangkap di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Dua orang lainnya ditangkap di Kabupaten Malang, dan satu orang lagi di Kota Surabaya. Namun, Barung tidak menjelaskan lokasi dan waktu penangkapan terhadap terduga teroris tersebut.

"Penangkapannya kemarin. Berdasarkan data sementara, empat orang ini merupakan di luar dari pada penangkapan 13 pelaku teroris di wilayah Surabaya dan Sidoarjo, baik yang masih hidup maupun yang sudah ditembak mati," kata Barung.

Dengan data tersebut, hingga saat ini jumlah terduga teroris yang berhasil ditangkap di sejumlah daerah di Jatim mencapai 17 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 13 terduga teroris ditangkap di Surabaya dan Sidoarjo sejak Minggu dan Senin.


(ALB)