NasDem Sumenep Siapkan Ribuan Saksi di Pemilu 2019

Rahmatullah    •    Sabtu, 22 Sep 2018 18:09 WIB
pilegpilpres 2019pemilu serentak 2019
NasDem Sumenep Siapkan Ribuan Saksi di Pemilu 2019
ilustrasi Medcom.id

Sumenep: Pengurus DPD NasDem Sumenep, Jawa Timur, menyiapkan ribuan saksi yang bakal mengamankan perolehan suara di Pemilu 2019 nanti. DPD sendiri menargetkan tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijaga 2 saksi, sementara KPUD setempat telah menetapkan 4.315 TPS yang akan disebar di berbagai titik.

“Hari ini kita baru pembentukan Komite Saksi NasDem (KSN) di tingkat kecamatan dan koordinator desa. Semuanya merupakan kader sendiri,” ungkap Ketua DPD NasDem Sumenep, Tirmidzi, Sabtu, 22 September 2019.

Hari ini pun kader partai yang masuk KSN dilantik. Tirmidzi menyebut itu merupakan amanah dari DPP. Pelantikan KSN di Sumenep dikatakan sudah masuk detik-detik terakhir, karena besok merupakan hari terakhir pengukuhan saksi-saksi itu.


Ketua DPD NasDem Sumenep, Tirmidzi – Medcom.id / Rahmatullah

Selain itu, kata Tirmidzi, pembentukan KSN itu berangkat dari kesadaran partai bahwa suara sangat mahal, sehingga harus dikawal sedemikian rupa. Untuk Pemilu 2019 nanti, Tirmidzi menjelaskan cara pengawalan suara berbeda dibandingkan Pemilu 2014 silam.

“Waktu itu (2014) kita memang punya saksi. Tapi tidak terorganisir seperti hari ini,” ujarnya.

Dia bersyukur KSN Pusat diisi orang berpengelaman di tingkat penyelenggara Pemilu, yaitu I Gusti Putu Artha yang merupakan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia yakin celah-celah yang bisa menghilangkan suara NasDem bisa diantisipasi.

Selebihnya, Tirmidzi optimis NasDem Sumenep bakal mendapatkan 7 kursi di Pileg 2019, itu sesuai dengan jumlah Dapil yang tersebar di daratan dan kepulauan. Saat ini, semua Caleg terus membangun kekuatan untuk mendulang suara besar di masing-masing Dapil.

“Bila besok Pemilu, maka 6 kursi sudah kita dapatkan. Ini kan Pemilu masih lama. Jadi target 7 kursi itu optimis kita capai,” tegas dia.



(ALB)