Ikhtiar 'Kecil' Santri di Malang untuk Jokowi-Ma'ruf Amin

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 27 Sep 2018 10:20 WIB
pemilu
Ikhtiar 'Kecil' Santri di Malang untuk Jokowi-Ma'ruf Amin
Sejumlah santri di Malang yang tergabung dalam Relawan Kita Sama (Kita Santri Kiai Ma’ruf Amin) menggelar deklarasi di Kota Malang, Rabu 26 September 2018, Medcom.id - Daviq

Malang: Sejumlah santri di Malang yang tergabung dalam Relawan Kita Sama (Kita Santri Kyai Ma’ruf Amin) menggelar deklarasi di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 26 September 2018. Deklarasi itu sebagai bentuk dukungan kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Inisiator Relawan Kita Sama, M Khusen Yusuf mengatakan deklarasi ini adalah sebuah bentuk ikhtiar kecil dari para santri untuk mendampingi KH Ma’ruf Amin yang saat ini tengah berikhtiar mewakafkan dirinya kepada Republik Indonesia sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi.

"Deklarasi ini juga sebagai ikhtiar untuk turut menyebarkan dan mengkampanyekan pemikiran KH Ma’ruf Amin tentang kebangsaan dan kemaslahatan umat melalui cara-cara yang baik dan mengedepankan akhlak santri," katanya di sela-sela deklarasi.

Deklarasi Relawan Kita Sama ini merupakan sebuah gerakan berskala nasional dan langkah awalnya digelar di Malang. Selanjutnya deklarasi ini akan dilaksanakan secara bertahap di daerah-daerah lain.

"Kita yakin di Jatim, Jateng, sebagian Jabar pasti ada alumni pesantren yang terafiliasi dengan NU (Nahdlatul Ulama) yang punya keterpanggilan jiwa untuk menyukseskan kiai kita. Kita matangkan dulu yang di Malang Raya nanti kita kembangkan ke daerah-daerah lain," ungkapnya.

Deklarasi ini digelar oleh sejumlah alumni dari sejumlah pondok pesantren. Selain itu, deklarasi ini juga dihadiri langsung oleh Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin yang merupakan putra dari KH Ma'ruf Amin.

"Kehadiran putra Kiai Ma'ruf Amin ini adalah bentuk support dan apresiasi beliau. Memang secara langsung maupun tidak langsung beliau memberikan seluruh niat para santri untuk membantu Kiai Ma'ruf," terangnya.

Di akhir deklarasi, para santri yang hadir juga menandatangani deklarasi lawan hoaks dengan kampanye bijak. Tujuannya untuk menunjukkan komitmen relawan guna menjaga Indonesia agar tidak terpecah belah dan mengajak warga Indonesia bertanggungjawab menjaga negeri ini.



(RRN)