Polres Jombang Memperketat Pengawasan dan Penjagaan Tahanan

Nurul Hidayat    •    Jumat, 21 Apr 2017 11:38 WIB
kepolisian
Polres Jombang Memperketat Pengawasan dan Penjagaan Tahanan
Personel Polres Jombang Berjaga di depan ruang tahanan -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Pengawasan dan penjagaan ruang tahanan (rutan) di Polres Jombang diperketat. Hal ini dilakukan setelah 17 tahanan Polres Malang dan tujuh tahanan Polres Tambaksari melarikan diri.

"Kami melakukan pengecekan berkala setiap dua jam, serta meningkatkan kewaspadaan dengan selalu memantau di CCTV yang sudah terpasang di beberapa sudut ruang tahanan," kata Kapolres Jombang Ajun Komisaris Besar Agung Marlianto di kantornya, Jalan Wahid Hasyim, Jombang, Jawa Timur, Jumat, 21 April 2017.

Agung menambahkan, ia juga mengingatkan kepada seluruh personel untuk selalu menjalankan prosedur tetap (protap) pengamanan tahanan. Ia pun mengimbau kepada personel jaga atau piket untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap pembesuk tahanan.

"Hal ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke ruang tahanan, baik itu senjata tajam, narkoba, atau barang berbahaya lainnya," pungkasnya.

Sebelumnya, 17 tahanan Polres Malang kabur dari Rutan Polres Malang pada Rabu, 19 April 2017. Mereka diduga kabur sekitar pukul 02.00 WIB. Tahanan diduga kabur dengan menjebol atap kamar mandi.

(Baca: 17 Tahanan Rutan Polres Malang Kabur)

Tujuh tahanan Polsek Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur juga kabur dengan cara menjebol plafon tahanan pada 17 April 2017.

(Baca: Tujuh Tahanan Polsek Tambaksari Kabur)


(NIN)