Polres Jombang Kehabisan Blanko SIM

Nurul Hidayat    •    Rabu, 20 Sep 2017 10:28 WIB
kepolisian
Polres Jombang Kehabisan Blanko SIM
Petugas Polres Jombang menunjukan surat keterangan pengganti SIM -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan di Polres Jombang hanya mendapatkan surat keterangan (suket) pengganti SIM sejak sepekan lalu. Hal ini disebabkan Polres Jombang kehabisan blanko SIM.

"Belum ada droping (blanko SIM) dari Korlantas Polri. Sehingga, pemohon SIM baru dan perpanjangan diberikan surat keterangan untuk sementara," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana di kantornya, Jalan Brigjen Kertarto, Jombang, Jawa Timur, Rabu 20 September 2017.

Inggal menjelaskan, suket yang diberikan dapat dipergunakan secara sah seperti SIM pada umumnya. Warga yang mendapatkan suket pengganti SIM diwajibkan meninggalkan nomor ponsel yang dapat dihubungi.

"Jika nanti material SIM sudah ada, kami akan lalukan percetakan sesuai dengan nomor yang tertera di surat keterangan. Kemudian, pemohon SIM akan kita hubungi untuk mengambilnya di kantor," imbuhnya.

Hingga saat ini, Inggal belum bisa memastikanya ketersediaan kembali blanko SIM. Menurut informasi yang diterimanya, Korlantas Polri masih melakukan tender pengadaan material SIM yang nantinya seragam di seluruh Indonesia.


(NIN)