Tak Punya KTP, Warga Sidoarjo Didenda Rp50 Ribu

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 25 Aug 2016 19:59 WIB
e-ktp
Tak Punya KTP, Warga Sidoarjo Didenda Rp50 Ribu
Petugas gabungan melakukan operasi yustisi. Foto-foto: Metrotvnews.com/Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Petugas gabungan dari Satpol PP, Polisi, TNI, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar operasi Yustisi di sepanjang Jalan Raya Pahlawan Sidoarjo, Kamis 25 Agustus 2016.

Setiap pengendara yang melintas diperiksa identitasnya, termasuk KTP. Bagi yang tidak membawa, pengendara langsung diminta untuk menjalani sidang di tempat dan membayar denda maksimal Rp50 ribu. 

Kabid Penyuluhan dan Pengaduan Dispendukcapil Sidoarjo, Oscar Basong, mengatakan operasi yustisi digelar untuk memeriksa warga yang tidak membawa kartu identitas. Selain itu, bagi warga yang diketahui memiliki KTP ganda, petugas akan langsung menarik salah satunya. 

“Ini pemeriksaan bagi mereka yang tidak membawa KTP. Identitas itu harus dibawa ke mana-mana,” kata dia.

Oscar menjelaskan, dari temuan yang ada, rata-rata warga mengaku lupa membawa KTP. Bahkan, beberapa di antaranya juga mengaku masih memproses KTP terbaru. "Namun, ketika ditanya bukti pengurusannya, warga yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan," kata dia. 

Menurutnya, setiap warga yang mengurus KTP akan mendapatkan surat keterangan pengganti KTP sementara yang dikeluarkan camat setempat. 

Sukma Andriana, mahasiswa yang saat itu terjaring operasi yustisi, mengaku sudah mengurus KTP sejak tiga minggu lalu. "Tapi, sampai sekarang belum jadi,” ujar dia.


(UWA)