Pelabuhan Gresik Dipadati Penumpang Menuju Bawean

Amaluddin    •    Minggu, 11 Sep 2016 14:11 WIB
idul adha 2016
Pelabuhan Gresik Dipadati Penumpang Menuju Bawean
Penumpang tujuan Bawean memadati Pelabuhan Gresik. (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Gresik: Lonjakan pemudik menuju Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meningkat.‎ Lonjakan ini terjadi H-1 sebelum lebaran Iduladha yang jatuh pada Senin, 12 September 2016.

Kepala cabang PT Pelayaran Sakti Inti Makmur Gresik, Reven Putra, mengatakan, rata-rata KM Express Bahari mengangkut penumpang menuju Bawean sekitar 150 orang per hari. Jumlah itu naik menjadi 380 per hari pada H-1 lebaran kurban.

"Memang ada peningkatan, biasanya KM Express Bahari hanya mengangkut 150-an penumpang pasca-lebaran Idul Fitri kemarin," kata Revan, kepada Metrotvnews.com, di Pelabuhan Gresik, Minggu (11/9/2016).

Reven mengaku perusahaan kapal menambah jadwal keberangkatan dua kali per hari alias pulang pergi Gresik-Bawean.

"Puncak lonjakan penumpang terjadi pada H-4 lebaran kurban. Ada sekitar 600 pemudik diangkut pulang-pergi ke Bawean dalam sehari,"‎ ujarnya.

Butuh waktu tiga jam untuk bisa sampai ke Bawean menggunakan kapal ekonomi maupun VIP Express. Ada dua kapal untuk transportasi jalur laut ke Bawean‎, yaitu kapal Express Bahari 8E dan Gili Iyang. Keduanya memiliki kecepatan dan tarif berbeda. 

Untuk Express Bahari ‎tarifnya Rp150 ribu per penumpang. Kapal cepat ini memiliki jadwal keberangkatan dari Gresik-Bawean, Selasa, Kamis, dan Minggu. Sebaliknya, dari Bawean-Gresik, berangkat pada Sabtu, Senin, dan Rabu. Kapal berangkat pukul 09.00 WIB.

Sedangkan Kapal Gili Iyang adalah kapal jenis roro yang bisa mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. Tarifnya antara lain dewasa Rp76 ribu, anak-anak Rp59 ribu, dan sepeda motor Rp95 ribu.

Jadwal keberangkatan dari Gresik-Bawean setiap Jumat pukul 21.00 WIB, Bawean-Gresik pada Jumat pukul 09.00 WIB, Bawean-Paciran (Pelabuhan Lamongan) Sabtu dan Senin pukul 21.00 WIB; dan Paciran-Bawean Rabu dan Minggu pukul 21.00 WIB. Lama perjalanan sekitar 10 jam.


(SAN)